:::: MENU ::::

Minggu, 09 April 2017

Tidak hanya untuk berkomunikasi dengan orang-orang terdekat. Aplikasi chatting saat ini sudah banyak sekali digunakan untuk mendukung aktifitas promosi sebuah bisnis online.Dan menurut saya kami hanya beberapa aplikasi chatting yang memiliki fungsi lengkap untuk dijadikan pendukung bisnis online.

Di Era digital ini, komunikasi yang kita lakukan menjadi sedikit berbeda. Adanya komunikasi jarak jauh menggunakan teknologi telpon saat ini sudah mulai mendapatkan pesaing yang layak untuk diperhatikan.

Diawali dengan munculnya Short Message Service [ SMS ], sebuah pesan singkat dengan 120 karakter mulai menjadi favorit dibandingkan dengan telpon. Dan sekarang aplikasi chatting ini berkembang menyesuaikan jamannya denga menggunakan aplikasi aplikasi modern yang bisa kita dapatkan secara gratis. 

Beberapa fungsi atau fitur aplikasi chatting yang bisa dijadikan acuan untuk mendukung aktifitas bisnis online adalah sebagai berikut :
  • Fungsi Utama Chatting Menerima Pesan dan, Mengirim Pesan
  • Mudah Didapatkan dan Digunakan - Hampir semua Aplikasi Chatting bisa di dapatkan di Google Playstore.
  • Banyak Penggunanya - Hal ini sangat relatif, untuk kebutuhan pribadi bisa jadi orang akan berfikir “Untuk Apa Instal Aplikasi Jika Penggunanya Hanya Itu Saja”. Berbeda jika objectivenya untuk bisnis. Kita harus bisa mengakomodir semua kebutuhan komunikasi calon pelanggan.
  • Mempunya Fungsi Backlink - Hal ini sangat penting, bisa dengan mudah membagikan URL bisnis online kita [ Jika Mempunyai Situs Toko Online ]. Sebagai Contoh : Situs Toko Online Elektronik, akan dengan mudah membagikan URL situs toko onlinennya ke calon pelanggan dan kemudian calon pelanggan tinggal klik untuk mendapatkan informasi lengkap produk yang di bagikan.
  • Broadcast Chat - Ini bukan seperti Broadcast Messenger yang biasanya dilakukan di BBM. Tapi ini lebih spesifik ke target yang memang mau atau berkenan mendapatkan informasi bisnis kita secara rutin. Misal penggunaan sebuah Group Chat dan Channel Chat [ di BBM, Line dan Telegram ].
Sekarang, jika kamu ingin menggunakan beberapa fungsi fitur di atas, kami rekomendasikan beberapa Aplikasi Chatting Untuk memudahkan menjangkau pelanggan Bisnis Online :

Blackberry Messenger [ BBM ]
Awalnya aplikasi BBM hanya bisa kita nikmati dengan menggunakan gadget blackberry. Lambat laun pasar merubah paradigma ini. Penjualan blackberry turun drastis. Dan akhirnya harus rela, aplikasi BBM yang dulunya hanya untuk pengguna blackberry harus di “obral” secara umum di Google Play ataun Apple Store.

Tapi tetap, BBM sejatinya masih punya massa yang fanatik, saat ini meskipun handphone blackberry sudah mulai turun penggunanya, tapi tidak dengan aplikasi chatting nya, BBM masih menduduki peringkat pertama di skala Top Active Social Platform Di Indonesia 2016.

WhatsAPP [ WA ]
Sebelum WhatsAPP diakusisi oleh Facebook di tahun 2014, aplikasi WhatsAPP sudah mendapatkan tempatnya di ranah publik, dengan format chat yang simple, apalagi saat itu keunggulannya adalah platform menarik perhatian para penggunanya dengan mengeluarkan grup member 100 orang dan ini sudah melebih kapasitas BBM saat itu.

Dan dilansir dari Blog WhatsAPP, saat ini pengguna WhatsAPP didunia sudah mencapai 500 Juta pengguna aktif. Hanya dengan memasukkan nomor Handphone yang aktif kita sudah bisa menikmati aplikasi ini.

Messenger [ FM ]
Aplikasi ini awalnya hanya bisa dinikmati saat kita masuk ke facebook. Hal inilah yang “sedikit terlambat” di analisa oleh facebook, bahwasannya social media denga aplikasi chatting lebih nyaman jika digunakan secara terpisah.

Messenger atau Facebook Messenger [ FM ] , akhirnya berani tampil secara personal, meskipun sedikit terlambat dibandingkan saudara tuanya WhatsAPP yang lebih dulu mendominasi market mobile messaging.
Dan tentunya, lebih mudah membangun list contactnya karena semua user facebook hampir pasti bisa kita kontak lewat Messeger [ FM ].
Line 
Diawal masuk ke Indonesia, untuk mendapatkan hati para penggunanya, aplikasi chatting ini memunculkan fitur Video Call. Meskipun akhirnya, sekarang sudah banyak aplikasi yang lain mendukung fungsi video call.

Ada issue yang menarik dan sampai saat ini masih belum bisa kami analisa secara pasti. Hampir semua pengguna aktif Instagram juga aktif menggunakan aplikasi chatting Line. Aneh tapi nyata dan belum ada bukti secara angka yang bisa menjelaskannya.

Telegram
Nah yang terakhir tapi bukan berarti yang paling jelek. Adalah Telegram, sebuah aplikasi chatting yang baru muncul di tahun 2013 oleh dua bersaudara dari rusia ini mulai mendapatkan tempatnya di pengguna Indonesia.

Yang paling mantab dari aplikasi ini adalah mendukung teknologi Cloud, dimana hampir semua data yang ada dari pesan kita tidak perlu tersimpan di Handphone atau Device tapi semuanya tersimpan di system cloud telegram.

Dari Teelgram ini memmungkinkan kamu untuk bisa membuat Channel Digital Marketing sendiri , karena dengan telegram kita tidak perlu membatasi yang bisa kita sharing. Mulai dari text, image, video, dokumen dan tentunya link link informasi lainnya.

Beberapa Aplikasi Chatting yang kami rekomendasikan di atas mudah-mudahan bisa mempermudah kamu Menjangkau Pelanggan Bisnis Online yang sedang kamu jalankan. Jika ada Aplikasi Chatting untuk mendukung Bisnis online yang lain dan ingin mengulasnya, silahkan tulis komentar. Agar kita bisa menggali Pengetahuan dan Informasi bersama. - [ OB ]
Loading...

0 komentar:

Posting Komentar