:::: MENU ::::

Jumat, 29 Mei 2020

Buat kamu yang mungkin kebingungan mencari model tema dekorasi gaya akuarium aquascape yang akan dibuat, artikel ini mungkin bisa jadi sumber inspirasi buat kamu mendesain dekorasi gaya akuarium aquascape.

Idealnya desain dekorasi gaya akuarium aquascape itu ditentukan di awal sebelum membeli perlengkapan yang di butuhkan seperti Batu, Kayu/ Batang, atau tanaman. Hal itu disebabkan karena kebutuhan komponen-komponen tersebut akan menyesuaikan tema gaya desain dekorasi yang ingin diterapkan. Misalnya kamu ingin menerapkan tema gaya dekorasi akuarium aquascape hutan, maka yang dibutuhkan adalah tanaman moss dan kayu atau batang dan akar dengan jumlah banyak. Namun apabila kamu ingin menerapkan tema gaya dekorasi akuarium aquascape tebing, maka dibutuhkan hardscape jenis batu batuan.

Perlu kamu garis bawah, sebenarnya konsep murni aquascape hanya natural, iwagumi dan dutch style namun dari natural tersebut terpecah-pecah menjadi beberapa gaya aliran seperti gunung, sungai dan hutan. Untuk lebih jelasnya silahkan simak beberapa contoh tema dekorasi gaya akuarium aquascape di bawah ini supaya dapat dijadikan inspirasi sebelum memulai membuat akuarium aquascape.

** Tema Dekorasi Gaya Alami - Nature Style **
Sebagaimana namanya, konsep ini menanamkan gaya yang sangat alami. Menurut sejarah pada tahun 1990, tema dekorasi gaya akuarium aquascape alami ini diperkenalkan oleh penemu aquascape, yaitu Takashi Amano. Beliau mengangkat tema gaya dekorasi ini dengan menitik beratkan layout atau pemandangan yang tumbuh secara alami dan beliau juga terinspirasi dari konsep berkebun ala wabi sab di Jepang.

Saat ini tema gaya dekorasi nature akuarium aquascape banyak diminati masyarakat, karena memang terlihat indah dan unik. Pertumbuhan tanamannya seperti sangat alami tanpa campur tangan manusia. Untuk membuatnya memerlukan bebatuan, kayu tanaman namun ada juga yang hanya memakai kayu dan tanaman. Intinya harus bisa menghadirkan kesan alami.

** Tema Dekorasi Gaya Air Terjun - Waterfall **
Yang kedua adalah tema dekorasi gaya akuarium aquascape waterfall, merupakan tema gaya dekorasi yang sudah umum dipakai oleh para penggemar akuarium aquascape. Tema tersebut mengangkat konsep alam yang mirip dengan air terjun untuk diaplikasikan ke dalam air akuarium, walaupun sebenarnya waterfall atau air terjun buatan tersebut bukanlah air yang mengalir, melainkan butiran-butiran pasir silika putih.

Cara kerja air terjun waterfall ini sangat simpel, kuncinya kamu harus memakai pipa, power head/pompa filter dan aerator. Ketiga alat itu akan saling mendukung sehingga tercipta air terjun dari pasir silika.

**Alurnya : Air di dalam aquascape disedot oleh power head lalu dialirkan ke pipa. Setelah airnya masuk, otomatis air akan mendorong pasir masuk ke dalam pipa, yang sebelumnya harus menyediakan tempat pasir khusus. Akhirnya pasir terdorong sampai ke bibir pipa/corong dan keluar dengan indah. Arahkan pasir yang keluar tersebut ke tempat pasir masuk pipa, agar disedot kembali. Jadi pasirnya cuma muter-muter pipa.

Kebutuhan yang diperlukan untuk membuat tema dekorasi gaya akuarium Aquascape waterfall diantaranya hardscape berupa batu untuk dijadikan tebing air terjun, kemudian untuk memperindah berikan beberapa tanaman moss untuk menempel di batu tersebut dan juga beberapa tanaman midground seperti anubias atau bucephalandra.

** Tema Dekorasi Gaya Hutan - Jungle Style/Forest **
Tema dekorasi gaya akuarium aquascape hutan ini termasuk katagori nature, gaya ini sering juga disebut forest style atau jungle style. Walaupun keduanya memiliki makna yang sama (hutan) namun bagi sebagian orang yang lebih tepat adalah jungle style, karena jungle bersifat lebih umum. Apa saja yang ada di dalamnya terdapat pohon yang rimba maka disebut jungle. Sedangkan forest bersifat spesifik, misalnya Rain forest, Tropical forest dan lain sebagainya.

Makanya agak rancu kalau digunakan untuk aquascape, sebab rain forest dan tropical forest sendiri memiliki vegetasi tumbuhan yang berbeda.

Proses pembuatan tema dekorasi gaya akuarium aquascape hutan terbilang cukup sulit, biasanya yang membuat tema gaya dekorasi ini adalah orang-orang yang sudah lama terjun di dunia aquascape. Kerumitan terletak pada desain hardscape baik pemilihan jenis batu maupun jenis kayu. Mau bagaimanapun kamu harus menggunakan kayu yang sesuai dengan bentuk pohon sehingga tercipta nuansa pohon pohon yang tinggi dan rimba di dalam air.

Selain itu agar tercipta konsep hutan kamu harus mencari jenis tanaman yang sesuai, carilah tanaman moss untuk karpet karena daunnya relatif kecil. Untuk mempercantik bisa menggunakan tanaman midground seperti anubias dan buce.

** Tema Dekorasi gaya Iwagumi **
Konsep dekorasi gaya akuarium aquascape iwagumi lebih fokus pada penempatan hardscape berupa batu-batuan. Meski demikian tema dekorasi akuarium aquascape iwagumi ini terlihat sangat indah dan sederhana, pokoknya sangat cocok diterapkan di dalam akuarium yang minimalis.

Dalam sejarah tema iwagumi berasal dari Jepang dan dipopulerkan oleh Masterio Takashi Amano. Ciri-ciri tema gaya dekorasi ini adalah penempatan batu yang unik disertai kombinasi tanaman karpet yang menyebar. Jenis batu yang cocok untuk model iwagumi adalah batu seiryu atau batu serpentin.

** Tema Dekorasi Gaya Belanda - Dutch Style **
Tema dekorasi gaya akuarium aquascape belanda atau yang lebih dikenal dutch style ini merupakan model paling tua yang pernah dipopulerkan pada tahun 1930-an. Tema dekorasi aquascape bergaya belanda hampir jarang menggunakan kayu dan batu, fokus utamanya adalah desain tanaman yang bervariatif dan memiliki warna yang kontras. Tanaman tersebut ditempatkan secara bergerombolan dan rapi supaya tercipta nuansa pemandangan yang indah di dalam aquascape.

** Tema Dekorasi Gaya Taiwan - Taiwanese Style **
Tema dekorasi gaya akuarium aquascape taiwanese terbilang cukup unik dan menarik, karena konsep ini menggambarkan keadaan lingkungan manusia yang ada di daratan. Jadi seolah-olah kita melihat replika alam nyata di sekitar kita. Misalnya di dalamnya terdapat replika jalan, jembatan, mobil, rumah-rumahan atau patung yang berukuran kecil.

Untuk menciptakan tema tersebut membutuhkan beberapa aksesoris yang mendukung, kamu harus menyiapkan semacam aksesoris mainan untuk diletakkan di samping tumbuhan air atau di atas substrat.

** Tema Dekorasi Gaya Biotope **
Tema dekorasi gaya akuarium aquascape biotope ini mengusung konsep yang paling sederhana dan mudah. Karena tidak ada aturan khusus dalam peletakkan hardscape. Cukup menata hardscape agar sama persis seperti kondisi bawah air aslinya/sungai. Tema ini harus meniru lingkungan alam dalam air termasuk flora dan faunanya.

Kalau kondisi alam asli biasanya berisi lumpur, bebatuan krikil dan ikan ikan kecil seperti black water.

** Tema Dekorasi Gaya Gunung/Tebing - Montain Style **
Sebagaimana yang sudah di jelaskan di atas, yang murni konsep tema dekorasi gaya akuarium aquascape adalah nature, iwagumi dan dutch style, adapun tema gunung masih tergolong nature. Gaya dekorasi aliran ini mencontoh kondisi pegunungan, perbukitan dan tebing. Kamu juga bisa menambahkan waterfall di atas tebing agar lebih hidup.

Konsep pegunungan menitik beratkan pada tata letak hardscape batu dan sedikit tanaman dan kayu sebagai lembahnya.

** Tema Dekorasi Gaya Sungai - River Style **
Siapa yang tidak tahu sungai ???... Sungai adalah pemandangan alami yang bisa kamu terapkan pada aquascape. Di atas sungai biasanya diberi semacam pepohonan sehingga benar-benar nampak alami. Yang harus diperhatikan dalam gaya ini adalah penempatan batu dan posisi sungai yang ideal.

** Tema Dekorasi Gaya Terbuka - German Style **
German style menjadi tema dekorasi gaya akuarium aquascape terakhir yang akan dibahas. German style menampilkan gaya terbuka, supaya bisa menampilkan pemandangan yang ada di permukaan air dan di atas permukaan air.

Membuat tema ini tidaklah rumit, aquarium kamu hanya perlu diisi air setengahnya saja. Hal ini membuat tanaman seperti anubias dan java fern bisa terlihat di dalam air dan dipermukaan air, karena bisa tumbuh tinggi.

Dari beberapa contoh tema dekorasi gaya akuarium aquascape di atas masih bisa bertambah dan muncul tema-tema yang baru, namun semua tak lepas dari nature, iwagumi dan dutch. Kadang ada juga aquascaper yang membuat tema free style (Gaya Bebas), bisa bebas membuat tema gaya dekorasi dan saling mencampurkan tema iwagumi dengan dutch, atau tema iwagumi dengan waterfall dan lain sebagainya. Seperti contoh video di bawah ini.

Loading...

0 komentar:

Posting Komentar