:::: MENU ::::

Kamis, 30 Desember 2021


Saat ini banyak orang yang mengeluhkan tentang udara yang panas dan kondisi di sekitar rumah yang tidak nyaman terlebih lagi polusi udara semakin menjadi-jadi terutama di lingkungan yang padat. Untuk mengatasi hal tersebut sebenarnya bisa diminimalisir dengan memanfaatkan lahan sempit untuk bercocok tanam. Tanaman yang di tanam akan memberikan kesan sejuk dan tentunya membuat udara di lingkungan sekitar rumah menjadi lebih segar.

Kamu bisa simak cara memanfaatkan lahan sempit untuk bercocok tanam berikut ini :

** Hidroponik **
Yang pertama adalah dengan cara bercocok tanam hidroponik. Hidroponik adalah menanam tanaman tanpa menggunakan media tanah sehingga meskipun lahannya sempit bisa dimanfaatkan untuk menanam dengan cara hidroponik. Tanaman yang dihasilkan dengan cara hidroponik tersebut lebih melimpah dan juga lebih segar. Media yang bisa dimanfaatkan untuk menanam dengan cara hidroponik ini adalah botol plastik, pipa paralon dan masih banyak lagi lainnya. Contoh menanam dengan cara hidroponik menggunakan pipa paralon adalah pipa tersebut dilubangi kemudian di dalam paralon tersebut diisi dengan tanaman.


** Tabulampot **
Yang kedua adalah menggunakan metode tabulampot. Tabulampot adalah singkatan dari "Tanaman Buah Dalam Pot". Tentunya metode ini tidak asing lagi sebab sudah banyak orang yang mempraktekkannya di rumah masing-masing tidak hanya di kota besar namun juga di pedesaan. Media tanam yang bisa digunakan dalam metode tambulampot adalah yang bisa menyimpan air dan bisa digunakan sebagai pemasok nutrisi dalam tanaman. Media yang cocok digunakan untuk media tanam adalah tanah yang dicampur dengan kompos dan sekam. Perbandingannya adalah 1:1:1. Supaya maksimal dalam penanaman disarankan menggunakan pot dengan bahan tanah yang gembur.

** Vertikultur **
Cara memanfaatkan lahan sempit untuk berkebun selanjutnya adalah menggunakan metode vertikultur. Metode ini berguna untuk membudidayakan tanaman yang umurnya tidak panjang seperti sayuran sawi, kangkung, seledri, pokcoi dan masih banyak lagi lainnya. Sesuai dengan namanya metode ini menggunakan bentuk vertikal sehingga tidak membutuhkan lahan yang luas untuk menanam tanaman tersebut. Modelnya pun beragam mulai dari gantung, tempel, tegak hingga rak. Modal yang harus dikeluarkan untuk menanam dengan model ini pun tidak terlalu banyak sebab media yang digunakan bisa menggunakan bahan bekas.

** Aeroponik **
Cara yang terakhir adalah menggunakan metode aeroponik. Arti dari metode tersebut adalah media tanam yang akarnya menggantung di udara, sehingga tidak menggunakan media tanah. Nutrisi yang diperlukan adalah zat hara yang akan disemprotkan ke akar tanaman secara langsung. Kelebihan metode ini adalah memiliki kualitas yang bagus, tanaman lebih segar, aroma dan cita rasanya pun lebih lezat dibandingkan dengan berkebun dengan cara biasa.

Cara bercocok tanam di atas bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan lahan sempit di sekitaran area rumah kamu. Bukan hanya untuk membuat kesejukan di area rumah kamu akan tetapi, kamu juga bisa membudidayakan tanaman dan jika kamu menanam sayuran atau buah, hasilnya bisa kamu nikmati.

0 komentar:

Posting Komentar