:::: MENU ::::

Sabtu, 30 Oktober 2021


Masjid Dian Al Mahri atau yang dikenal dengan Masjid Kubah Emas yang dibangun di tepi Jalan Raya Meruyung, Kecamatan Limo, Kota Depok, Jawa Barat ini seringkali menjadi tujuan wisata oleh beberapa penikmat travelling dalam negeri maupun luar negeri karena, kubah-kubahnya yang terbuat dari emas.

Masjid ini disebut-sebut sebagai masjid termegah di Asia Tenggara. Masjid Kubah Emas memiliki lima kubah utama dan empat kubah kecil. Kubah-kubahnya itu dilapisi emas setebal 2 sampai 3 milimeter, dengan mozaik kristal. Bentuk kubah utama menyerupai kubah Taj Mahal di India atau kubah-kubah masjid khas Persia.

Logam emas memang menjadi daya tarik Masjid Dian Al Mahri atau Masjid Kubah Emas ini. Tak hanya pada kubah, emas juga dijadikan ornamen untuk beberapa bagian masjid. Salah satunya, di mimbar tempat imam memimpin salat terdapat relief hiasan yang terbuat dari emas 18 karat. Begitu pula dengan pagar di lantai dua dan hiasan kaligrafi di langit-langit masjid. Lampu yang tergantung di ruang tengah bangunan utama, lampu tersebut terbuat dari kuningan berlapis emas seberat 2,7 ton. Tak hanya itu. Prada atau serbuk-serbuk emas digunakan untuk melapiskan mahkota pilar masjid yang berjumlah 168 buah.

Sesuai namanya, masjid kubah emas ini memang menggunakan material emas dengan 3 teknik pemasangan. Pertama, serbuk emas (Prada) yang terpasang di mahkota atau pilar. Kedua gold plating yang terdapat pada lampu gantung, tangga, pagar, ornamen kaligrafi di langit-langit kubah dan ornamen dekoratif di atas mimbar mihrab. Ketiga, gold mozaik solid yang terdapat di kubah utama dan kubah menara.

Secara umum, arsitektur Masjid Kubah Emas ini mengikuti tipologi arsitektur masjid di Timur Tengah dengan ciri kubah, minaret, halaman dalam, dan penggunaan detail atau hiasan dekoratif dengan elemen geometris dan obelisk untuk memperkuat ciri keislaman arsitekturnya. Lima kubah melambangkan rukun Islam, seluruhnya dibalut mozaik berlapis emas 24 karat.

Untuk kamu yang mungkin hobi travelling, jalan-jalan atau berwisata ria. Masjid kubah emas ini terbuka untuk umum. Selain itu juga kamu bisa sekaligus beribadah di masjid kubah emas ini.

0 komentar:

Posting Komentar