:::: MENU ::::

Jumat, 08 Januari 2021


Banyak dari para penghobi akuarium aquascape pernah mengalami air pada tank akuarium Aquascape terlihat seperti keruh atau berkabut. Hal seperti ini sebenarnya jangan terlalu di khawatirkan karena, para ahli akuarium Aquascape pun pernah mengalami hal ini.

Di artikel ini admin akan membahas penyebab air pada tank akuarium aquascape terlihat keruh dan solusinya.

Hal yang paling mudah di perhatikan penyebabnya adalah hal yang berkaitan dengan biologis. Kinerja filter yang kurang maksimal ataupun media filter yang kotor akan menyebabkan perubahan warna air yang drastis dan tiba-tiba. Selain itu juga cacat pada filter menyebabkan bakteri tidak tersaring, kotoran dari ikan, makanan ikan, zat tambahan kimiawi dalam air, dan hasil leburan dari hiasan di dalam akuarium.

Untuk hal di atas, kamu bisa melakukan perawatan sistem filtrasi akuarium aquascape kamu dan, untuk penyebab lain kamu bisa simak di bawah ini.

** Bakteri Blooming **
Perkembangan Bakteri yang sangat pesat dan signifikan adalah salah satu dari faktor penyebab air yang tiba-tiba berubah menjadi keruh atau tampak berkabut. Umumnya peristiwa ini terjadi pada tank baru dan mungkin tidak memiliki siklus perputaran air yang baik.

Pada masa awal setelah set-up -atau dikenal dengan istilah siklus Nitrogen, bakteri yang menguntungkan akan berkembang dan bereproduksi . Bakteri menguntungkan ini akan mengubah zat yang berbahaya di dalam tank seperti Amonia yang dihasilkan dari pemberian makanan yang berlebihan untuk ikan menjadi Nitrat. Semakin banyak Amonia dalam air maka semakin banyak pesat bakteri yang berkembang dan semakin besar pula kemungkinan terjadinya air keruh atau seperti berkabut.

**Solusi : Biarkan selama 1-3 hari, umumnya air akan kembali jernih dengan sendirinya. Jika tidak, lakukan pergantian air 30%.

** Hardscape dan Substrat yang Kotor **
Faktor lain yang dapat menyebabkan air keruh adalah adanya residu dari Hardscape atau Substrat yang dipakai. Hal tersebut dikarenakan sebelum dipakai, Hardscape ataupun substrat tersebut tidak dicuci dahulu. Namun hal ini tidak berlaku untuk Soil. Soil tidak dianjurkan untuk dicuci sebelum dipakai karena dapat menghilangkan nutrisinya.

**Solusi : Bersihkan Hardscape dan substrat dengan menggunakan sikat dan sifon sampai bersih.

** Tanaman Aquascape Mati atau Membusuk **
Tanaman aquascape yang mati atau membusuk jangan di biarkan terlalu lama dalam akuarium aquascape karena, bukan hanya membuat air cepat keruh hasil leburannya pun akan merangsang algae atau lumut untuk tumbuh terutama pada dinding kaca aquarium aquascape.

**Solusi : Keluarkan tanaman aquascape yang mati atau membusuk dari akuarium aquascape, jangan sampai tersisa.

** Kaca Akuarium Aquascape Kotor **
Bagian dalam kaca akuarium aquascape yang kotor juga bisa menjadi salah satu penyebab akuarium akuascape terlihat keruh atau berkabut. Hal seperti ini terjadi karena banyaknya leburan hasil amonia dan kotoran lain dalam akuarium aquascape yang menempel pada dinding kaca.

**Solusi : Bersihkan menggunakan pembersih kaca akuarium magnet atau dengan spon halus. Apabila kotoran terlihat berkerak bersihkan menggunakan spon kasar.
Beberapa penyebab air aquarium aquascape keruh atau seperti berkabut di atas mudah-mudahan bisa membantu kamu untuk merawat aquarium akuascape. Jika kamu mempunyai pengalaman lain, mari kita berdiskusi melalui kolom komentar di bawah !!!

0 komentar:

Posting Komentar