:::: MENU ::::

Kamis, 11 Februari 2021


Untuk bisa menjaga penampilan dan habitat dalam akuarium aquascape pastinya sangat membutuhkan perawatan. Di artikel kali ini, kami akan berikan penjelasan pengalaman bagaimana Cara Merawat Penampilan Akuarium Aquascape. Kamu bisa simak caranya dibawah ini :

** Ganti Air **
Pergantian air bisa di lakukan dengan cara di siphon menggunakan selang atau alat Cleaner Pump Aquarium sambil membersihkan bagian bawah.

Penggantian air tidak hanya berguna untuk menetralisir kadar air yang membuat tanaman air dan ikan-ikan yang berada dalam akuarium aquascape terlihat sehat, membuat mereka lebih gesit dan, kadang bisa memicu ikan hias bertelur atau kawin. Selain pengenalan air segar yang diturunkan dengan penggantian air, air yang terkontaminasi dihilangkan dan konsentrasi zat yang tidak diinginkan dalam air akuarium aquascape berkurang. Kami merekomendasikan penggantian air mingguan secara teratur dengan penggantian (30%) air bersih.

Akuarium aquascape pun tidak hanya membutuhkan penggantian air bersih, akan tetapi membutuhkan air yang mengandung unsur-unsur mineral cukup. Hal ini karena makhluk hidup di dalamnya membutuhkan unsur tersebut agar dapat tetap sehat dan tumbuh subur.

Apabila menggunakan air sumur, bisa langsung dimasukkan dalam akuarium. Jika menggunakan air PDAM, sebaiknya diendapkan selama satu malam agar kaporit tidak terbawa ke dalam. Kandungan kaporit tidak baik untuk kelangsungan hidup ekosistem dalam aquascape.

Jangan lupa pula, jika air dalam akuarium aquascape berkurang kamu harus menambahkannya kembali.


** Pemupukan Tanaman Air **
Tanaman air akuarium aquascape membutuhkan nutrisi yang beragam, di antaranya Cahaya, Karbon melalui penambahan CO2 , Pupuk Mikro dan Makronutrien.

Langkah awal dari cara merawat penampilan akuarium aquascape adalah memberi pupuk dasar. Pemberian pupuk ini dilakukan sebelum akuarium diisi apapun. Campurkan pupuk kandang atau jenis pupuk NPK dengan substrate. Perbandingannya 4 untuk substrate dan 1 untuk pupuk. Substrate yang paling banyak digunakan biasanya pasir.

Untuk pemenuhan nutrisi secara berkala, gunakan pupuk cair setiap 4 kali sehari. Cara menggunakannya cukup mudah, langsung teteskan pupuk cair dalam akuarium. Dosis penggunaannya berbeda-beda, ikuti petunjuk penggunaan pada kemasan pupuk cair.

** Perawatan Tanaman **
Ketika banyak tanaman air yang tumbuh cepat (Misalnya Tanaman Batang), pemangkasan yang teratur bisa kamu lakukan agar terlihat rapih dan agar tidak menutupi tanaman yang tumbuh lambat karena kekurangan cahaya. Dari sudut pandang aquascaper, pemangkasan rutin untuk alasan estetika merupakan tugas yang penting, agar tata letak akuarium tetap dalam kondisi yang baik.

** Membersihkan Kaca **
Semakin lama kamu merawat akuarium akuascape, kamu akan melihat kaca akuarium aquascape terlihat buram atau kotor yang akan mengganggu pemandangan yang di sebabkan oleh ganggang atau algae juga kotoran ikan. Dalam hal ini, pembersihan kaca akuarium aquascape secara teratur, baik di dalam maupun di luar, adalah tindakan perawatan yang baik.

Berbagai alat tersedia untuk membersihkan kaca akuarium aquascape. Scrapers , dengan atau tanpa extender , adalah alat yang tepat untuk semua jenis kaca akuarium aquascape. Untuk menghilangkan ganggang bercak keras bisa dikikis dengan silet atau cutter. Sponge atau Seachem Algae Pads ideal untuk biofilm dengan diatom pulen atau penutup ganggang hijau lembut.

Untuk bagian luar akuarium kamu bisa bersihkan dengan cairan pembersih kaca dan tisu.

Penjelasan cara perawatan penampilan akuarium aquascape di atas mudah-mudahan bisa membantu kamu untuk bisa merawat akuarium aquascape. Jika ada yang kurang, kamu bisa bertukar fikiran melalui kolom komentar !!!

0 komentar:

Posting Komentar