:::: MENU ::::

Minggu, 21 Januari 2018

Pengalaman yang paling buruk dan sering membuat frustasi orang-orang yang hobi memelihara ikan seperti, para Akuaris atau pecinta Ikan Penghias Aquascape adalah apabila menjumpai ikan peliharaannya celeng atau mati secara tiba-tiba tanpa sebab yang jelas, dan tanpa ada indikasi sakit atau masalah lainnya. Apabila hal demikian terjadi, biasanya hampir tidak dapat ditentukan dengan pasti apa sebenarnya yang terjadi dengan ikan peliharaan, kolam, akuarium atau Aquascape kita ?...

Bagai mana cara mencegah, mengatasi dan, mengobatinya jika ikan peliharaan yang berada di kolam, akuarium atau Aquascape kita tiba-tiba celeng atau yang lebih parah sampai mati tiba-tiba ?..

Ada beberapa Team kami yang hobi memelihara Ikan Air Tawar, Ikan Air Laut, Ikan Hias seperti ikan Molly, Platy, Blue Elektrik, Golden Elektrik, Ramirezi, Koi, Koki, Guppy, Rainbow dan juga Ikan jenis lainnya. Mereka menginformasikan bahwa akhir-akhir ini suka ada ikan yang tiba-tiba celeng atau tiba-tiba mati.

Team kami coba menelusuri langsung ke para pakar yang mempunyai toko Ikan Air Tawar, toko Ikan Air Laut, toko Ikan Hias , ke para pengrajin atau pembuat Aquascape sampai menelusuri di Google.

Ada beberapa Pendapat atau Asumsi yang team kami dapatkan :
  • Kemungkinan Mengalami Gangguan Gelembung Renang - Ikan mempunyai gelembung renang yang membuat mereka mengapung di dalam air. Sembelit, pembengkakan organ, atau infeksi dapat menyebabkan gelembung renang tidak berfungsi dengan baik.
  • Sering Memberikan Pakan atau Makanan dalam Jumlah Berlebih [ Kebanyakan Ngasih Makan ] - Kelebihan pakan akan meningkatkan pertumbuhan Bakteri Pembusuk, sehingga dapat mengurangi kadar Okigen, dan menghasilkan bahan "Beracun" lain yang dapat berakibat fatal pada ikan.
  • Kondisi Lingkungan - Lingkungan yang terlalu ramai juga bisa menyebabkan ikan strees sehingga tiba-tiba celeng sampai menyebabkan kematian. Selain itu mencampurkan ikan dengan ikan jenis predator juga dapat menyebabkan stres. Ikan akan stress karena dikejar kejar oleh ikan yang bukan sejenisnya dalan satu akuarium. Jika berniat memelihara ikan jenis predator, jangan di campurkan dengan ikan jenis lainya. Bukan hal yang tidak mungkin ikan jenis lain akan stres karena di hajar oleh sang predator, selain itu ikan jenis lain mungkin saja menjadi santapan ikan predator tersebut. Untuk meminimalisir ikan stres saat penggantian air, dapat memindahkan ikan terlebih dahulu ke wadah lain dengan hati hati. Jika tidak dapat memanfaatkan pompa filter pada akuarium untuk mengganti air. Jika hal tersebut tidak sempat di lakukan, dapat mengganti air di akuarium 50% hingga 80% saja.
  • Penyakit Ikan Dapat Datang Dari Mana Saja - Bisa saja air yang di gunakan mengandung bibit penyakit. Maka dari itu kualitas air harus selalu di kontrol. Bibit penyakit juga bisa ditularkan oleh ikan baru. Ikan baru yang kita masukan ke dalam Kolam, Akuarium atau Aquascape mungkin saja membawa bibit penyakit yang dapat menular ke ikan lainya. Mungkin ikan hias yang di pelihara juga sudah mengidap penyakit, namun tidak terlihat atau tidak terdeteksi. Dan ketika ikan sudah tidak kuat, ikan akan tiba-tiba celeng dan langsung mati.
Dari beberapa Pendapat atau Asumsi yang di dapat, team kami yang hobi memelihara ikan coba untuk menerapkan arahan untuk Merawat, Mencegah dan Mengobati ikan-ikan yang di pelihara namun, sampai saat ini masih menemui ikan-ikan yang tiba-tiba celeng ada juga yang tiba-tiba mati mendadak.



Jika kamu memiliki pengalaman seperti ini atau mempunyai Pengetahuan, Wawasan atau Ilmu tentang hal seperti ini, silahkan tulis komentar untuk kita diskusikan !!!
Loading...

0 komentar:

Posting Komentar