:::: MENU ::::

Sabtu, 09 Maret 2024


Aquascape adalah penggabungkan antara cocok tanam dan pemeliharaan ikan, jadi keduanya harus di buat dengan tepat.

Melalui artikel ini, kami ingin berbagi cara membuat atau set up akuarium aquascape tanpa menggunakan air yang langsung diisi penuh (Dry Metode).

Hal pertama, siapkan alat dan bahan untuk membuat aquascape.

Sebelum membuat aquascape, tentunya harus menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Pada aquascape yang akan di buat tanpa langsung diisi air kamu hanya butuh alat dan bahan pokok saja, seperti akuarium, pupuk dasar khusus aquascape, pasir, bebatuan, tanaman, dan lampu.

Untuk semua bahan-bahannya kita tidak harus membeli. Kita bisa memanfaatkan tanaman air di sekitar rumah, kayu-kayu dan bebatuan untuk hiasan. Sehingga, tidak semua keperluan aquascape ini harus dibeli. Apalagi jika membuat aquascape tema natural, selain mudah dibuat, bahan-bahannya pun mudah didapat.

Yang kedua, buat bagian dasar akuarium menggunakan pasir silika atau bisa menggunakan pasir malang dengan bagian pinggir yang lebih tebal daripada bagian tengah. Untuk cara membuat aquascape ini, pertama susunlah bagian dasar akuarium menggunakan pasir silika atau pasir malang. Pasir ini paling direkomendasikan dalam pembuatan aquascape apalagi bagi pemula, karena akan memudahkan perawatan dan minim risiko air keruh. Apalagi saat sudah dihuni ikan dan tanaman mulai tumbuh.

Atur pasir sedemikian rupa sehingga membentuk pola bagian pinggir yang lebih tebal dan bagian tengah yang lebih tipis atau membentuk lekukan. Pola ketebalannya sendiri bisa menyesuaikan ukuran akuarium. Jika kamu membuat aquascape ukuran 60 cm, maka idealnya ketebalan bagian tengah 2-3 cm, sementara pada bagian pinggirnya 4-6 cm. Hal ini untuk memudahkan pemberian pupuk dan saat menanam tanamannya.

Yang ketiga, Lapisi pasir yang sudah disusun di dasar akuarium dengan pupuk dasar khusus aquascape sebagai penyedia nutrisi untuk tanaman.

Penambahan pupuk dasar dalam aquascape ini sangat penting, karena tanaman asli yang akan ditanam dalam akuarium harus mendapatkan nutrisi supaya bisa tumbuh subur. Taburkan pupuk secukupnya pada bagian cekungan pasir atau pada bagian pasir yang lebih tipis.

Setelah itu, tutup lapisan pupuk dasar menggunakan pasir lagi. Selain menggunakan pasir dan pupuk dasar khusus aquascape, kamu juga bisa menambah butiran karbon aktif untuk membantu pertumbuhan tanaman dan menjaga kondisi mikro eksosistem dalam aquascape. Namun, tanpa karbon aktif pun bukan masalah.

Yang keempat, dekor atau susun batu-batu atau kayu sesuai tema yang kamu inginkan, begitu juga posisikan tanaman dibagian-bagian yang kamu inginkan (**Saran : "Untuk peletakan tanaman jangan terlalu rapat jika berbeda jenis, karena nantinya akan tumpang tindih jika berhasil tumbuh dan rimbun").

Cara membuat aquascape pada bagian ini cukup seru karena kamu bisa berkreasi sesuai keinginanmu. Gunakan bebatuan alam atau batu-batu halus khusus akuarium aquascape. Susun batu dari yang paling besar, hingga terakhir yang paling kecil di dasar akuarium. Cara merangkai batu aquascape seperti ini bisa memudahkan dan membuat susunan lebih rapih. Selain batu, kamu juga bisa gunakan kayu kering yang tidak mengeluarkan bau dan warna jika terendam air.

Yang terakhir, jika sudah selesai mendekor atau menyusun peletakan bebatuan, ranting atau kayu dan tanaman aquascape sesuai tema yang kamu inginkan, isi air sebanyak 1-2 cm saja lalu tutup bagian atas menggunakan plastik wrapping. Setelah itu beri lampu ( **Catatan : "Untuk seminggu pertama durasi pencahayaan cukup 6 jam per hari, 1 minggu seterusnya 8 jam per hari").

Sebagai contoh, kamu bisa lihat video dibawah ini,



Hal di atas adalah cara membuat akuarium aquascape tanpa langsung diisi air penuh.

Jika sudah selesai membuat atau men-set up akuarium aquascape seperti cara di atas, kamu cukup kispray taman aquascape 1 kali sehari menggunakan botol spray selama 2 minggu. Setelah kurun waktu 2 minggu biasanya tanaman aquascape sudah mulai terlihat pertumbuhannya.

Jika sudah seperti itu kamu bisa mulai memasukan air sesuai ukuran wadah akuarium yang kamu gunakan. Jangan lupa juga pasang sistem filter untuk menyaring kotoran yang terlarut di air dalam akuarium aquascape.

Jika ingin memasukan ikan hias atau fauna air tunggu keesokan harinya karena, air yang baru di masukan kedalam akuarium belum stabil parameter suhu airnya.

Selamat mencoba ya, jika tertarik dengan cara yang kami berikan. Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar melalui kolom komentar di bawah.

0 komentar:

Posting Komentar