:::: MENU ::::

Selasa, 07 Januari 2020

Danau kecil buatan yang terletak di Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten ini telah berubah fungsi, dimanfaatkan sebagai tempat wisata taman.

Awal pembentukan danau ini adalah sebagai waduk yang berfungsi sebagai tempat penampungan air hujan dan untuk perairan ladang pertanian di sekitarnya, dibuat antara tahun 1932-1933 dan di beri nama Situ Gintung.

Situ ini adalah bagian dari Daerah Aliran Ci Sadane merupakan salah satu sungai utama Provinsi Banten dan Jawa Barat sumber berasal dari Gunung Salak dan Gunung Pangrango di [ Kabupaten Bogor, sebelah selatan Kabupaten Tangerang ] yang mengalir ke Laut Jawa panjang sungai ini sekitar 80 km dan bendungan aliran Kali Pesanggrahan. Di tengah-tengah situ terdapat sebuah pulau kecil yang menyambung sampai ke tepi daratan seluas kurang lebih 1,5 ha yang bernama Pulau Situ Gintung beserta hutan tanaman yang berada sekitarnya.

Semenjak tahun 1970-an kawasan pulau dan salah satu tepi Situ Gintung dimanfaatkan sebagai tempat wisata alam dan perairan di mana terdapat restoran, kolam renang, dan outbond.

Karena indahnya pemandangan di Situ gintung kemudian membuat para pebisnis melirik kesempatan yang ada di sana. Beberpaa restoran situ gintung pun didirikan untuk semakin meramaikan wisata Situ gintung. Selain itu, kolam renang situ gintung saat ini juga semakin ramai dikunjungi.

Terhitung tahun 2011 Situ Gintung berubah nama menjadi Bendungan Gintung [ Sesuai dengan PP No. 37 Tentang Bendungan Tahun 2010 ].
Loading...

0 komentar:

Posting Komentar