:::: MENU ::::

Senin, 16 November 2020


Di tengah persaingan usaha yang ketat saat ini, bagi kamu pelaku usaha pastinya ingin usaha kamu bisa lebih populer dari yang lain. Jika usaha kamu populer tentunya akan lebih berpeluang mendatangkan pelanggan yang banyak.

Di artikel ini kami ingin memberikan inspirasi buat kamu pelaku usaha untuk bisa lebih mempopulerkan usaha kamu melalui Google. Kamu bisa manfaatkan 2 Fitur yang di sediakan oleh Google dibawah ini.

*) GOOGLE BISNISKU (*
Google Bisnisku adalah sebuah fitur dari google yang memungkinkan kamu untuk membuat Profil Usaha atau situs usaha kamu di Google Penelusuran dan Google Maps. Dengan akun Google Bisnisku, kamu bisa melihat dan menjangkau pelanggan, memposting pembaruan ke Profil usaha kamu, dan melihat cara pelanggan berinteraksi dengan usaha kamu di Google.

Google Bisnisku akan membantu usaha kamu terdaftar dan tercantum di penelusuran Google dengan maksud geografis yang sering dilakukan oleh prospek dan pelanggan kamu saat ini. Selain itu, kamu dapat menghasilkan traffic organik jika kamu mempunyai situs web dan mempermudah orang menemukan lokasi usaha kamu di Google Maps. Selain itu, ini adalah fitur yang berguna yang dapat kamu kelola dari perangkat seluler kamu dan meluncurkan penawaran terbaru kamu atau menindak lanjuti pos dan komentar pelanggan. Singkatnya, kamu akan mengelola semua aktivitas usaha kamu di Google bisnis dalam satu tempat.

*) GOOGLE ADS (*
Google Ads adalah sebuah platform periklanan yang disediakan oleh Google agar kamu bisa beriklan di berbagai jaringan Google seperti Google search, Youtube atau Mitra Jaringan Periklanan Google dengan Lokasi, Target Pelanggan, Bahasa yang bisa kamu atur sesuai kebutuhan. Platform periklanan Google Ads adalah salah satu strategi pemasaran online yang efektif. Jika kamu mengerti fitur dan kelebihan dari alat ini, maka kamu bisa meningkatkan omset bisnis usaha kamu.

Dengan adanya fitur yang semakin kompleks didalamnya, kemampuan kamu untuk merencanakan strategi pemasaran online pun menjadi tidak terbatas. Google Ads memberikan pilihan untuk menargetkan calon pelanggan kamu, bisa berdasarkan Keyword, Topik, Lokasi hingga Waktu. Selain itu kamu juga bisa menentukan biaya pemasaran sesuai dengan budget yang kamu punya. Pembiayaan dalam Google Ads menggunakan beberapa cara, diantaranya :
  • Biaya per 1000 Impresi (Pay per Thousand Impression) - Kamu akan dikenakan biaya setiap ada 1000 orang yang melihat iklan kamu. Ini adalah cara yang bagus jika kamu ingin lebih banyak dilihat atau membangun awareness.
  • Biaya Per Klik (Pay per Click) - Kamu akan dikenakan biaya setiap kali ada yang mengklik iklan kamu. Jika mereka hanya melihat iklan kamu, kamu tidak akan dikenakan biaya apa-apa.
  • Biaya Per Konversi (Pay per Conversion) - Cara ini merupakan cara yang paling direkomendasikan dalam Ads karena kamu hanya membayar jika goal atau tujuan iklan kamu terpenuhi. Tujuan tersebut bisa berupa pendaftaran member, penjualan, lama waktu per kunjungan, dan sebagainya.
Keuntungan Google Ads :
Jika kamu sudah mengetahui apa itu Google Ads, maka kamu juga perlu mengetahui keuntungan yang diberikannya. Selain iklan yang kamu pasarkan berada di halaman pertama Google secara otomatis, banyak lagi keuntungan yang bisa kamu peroleh, seperti :
  • Trafik Akan Lebih Cepat Naik dan Tertarget - Ads memakai perhitungan PPC (Pay per Click) untuk menghitung biaya iklan kamu dan biaya beriklan kamu akan otomatis dikonversi ke pengunjung menurut harga kliknya. Contohnya, kamu beriklan Rp. 50.000 per hari dan tarif klik Rp. 1.000 per klik. Maka kamu akan memperoleh sekitar 50 klik per pengunjung yang dihitung dari Rp. 50.000 dibagi Rp. 1.000.
  • Mendapatkan Pengunjung Sesuai dengan Target Bisnis Usaha Kamu - Ads akan menampilkan iklan kamu menurut kata kunci yang ditargetkan. Contohnya : Jika kamu memiliki usaha rental mobil dan kamu mentarget kata kunci ‘rental mobil murah di Pekanbaru’, maka visitor yang datang ke website kamu melalui Google Ads adalah mereka yang melakukan pencarian sesuai dengan kata kunci yang kamu targetkan. Jadi iklan kamu tidak akan di munculkan di kata kunci yang tidak sesuai dengan yang telah kamu target, sehingga pengunjung yang datang pasti sesuai dengan target kamu.
  • Reputasi Website Meningkat Seiring dengan SEO Website - Jika kamu mempunyai Situs Web Bisnis Usaha kamu, Optimalisasi SEO biasa dilakukan dengan menarget kata kunci tertentu, maka kamu tak perlu khawatir SEO website kamu akan rusak ketika memasang iklan lewat Google Ads. Justru beriklan di Google Ads akan menguntungkan kamu karena pencarian kata kunci yang banyak dicari untuk optimalisasi SEO tersebut nantinya akan di index oleh Google.
2 Fitur Google diatas mudah-mudahan bisa menjadi Inspirasi cara mempopulerkan usaha kamu melalui Google. Kalau kamu kesulitan untuk menggunakan fitur-fitur tersebut, kami menyediakan layanan jasa Setting Google Bisnisku dan Google Ads untuk Usaha kamu.

0 komentar:

Posting Komentar