:::: MENU ::::

Minggu, 05 September 2021


Untuk merawat akuarium aquascape, kita harus memiliki peralatan khusus. Dengan adanya Alat-alat khusus akuarium aquascape, bisa membantu kita untuk Menanam Tanaman Aquascape Baru, Memotong, Merapihkan Media Tanam, Membersihkan algae dan Membersihkan Kaca.

Di bawah ini adalah alat-alat khusus yang harus ada untuk merawat akuarium aquascape :

** PINSET **
Jika sebelumnya kita menanam tanaman didalam akuarium aquascape menggunakan jari mungkin sebaiknya harus segera kita hindari dan beralih mengunakan alat. Selain bisa menggangu subtrat menanam mengunakan jari juga sangat sulit . Untuk itu saat proses penanaman sebaiknya menggunakan pinset aquascape, baik pinset aquascape melengkung ataupun pinset aquascape lurus. manfaat utama dari penggunaan alat ini adalah kemudahan ketika melakukan penanaman di mana tanaman bisa ditancapkan dengan hati-hati ke dalam substrat sehingga tanaman aquascape bisa ditanam dengan mudah,tidak gampang lepas, dan tidak makan banyak waktu dan tenaga. Bukan hanya itu saja penggunaan pinset aquascape ini juga berguna untuk mengambil tanaman atau mengbersihkan puing-puing dan juga, algae dari Akuarium Aquascape.

** GUNTING **
Peralatan yang kedua adalah Gunting aquascape. Gunting aquascape juga tersedia dalam dua macam ada yang ujungnya melengkung dan ada juga yang ujungnya lurus. Gunting aquascape melengkung cenderung lebih populer dan digunakan ketika pemangkasan tanaman foreground. Bagian melengkung ini memungkinkan untuk memotong sudut yang lebih baik. Gunting yang tersedia biasanya panjangnya sekitar 30 cm sehingga bisa digunakan untuk mencapai jarak yang baik dan sangat berguna jika kita perlu untuk memangkas dasar dari setiap tanaman yang sulit dijangkau.

** SAND SCRAPER **
Alat yang seperti spatula ini digunakan untuk menata kerikil dan substrat. Seringkali ketika tanaman dipindahkan atau memang ketika tanaman ditanam untuk pertama kalinya, substrat dapat terganggu. Sebuah sand scarper atau spatula bisa menata kembali baik berbentuk datar ataupun kontur gunung.

** PEMBERSIH KACA AKUARIUM MAGNET **
Pembersih kaca akuarium Magnet adalah alat yang sangat efesien digunakan untuk membersihkan alga yang menempel pada kaca akuarium aquascape. Alga dapat tumbuh dengan cepat pada kaca sehingga menggunakan pembersih magnet seminggu sekali bisa membuat kaca akuarium aquascape selalu terlihat bersih. Alat ini terbagi menjadi dua bagian, satu sisi kasar dan halus di sisi lainnya. Sisi kasar di tempatkan di bagian dalam kaca aquarium dan sisi halus ditempelkan pada bagian luar.

Tips saat membersihkan kaca menggunakan Pembersih kaca magnet ini adalah pastikan tidak ada kerikil yang menempel di kaca karena hal ini bisa membuat kaca menjadi tergores.

** UNDERGRAVEL KIT SIPHON **
Siphon adalah kegiatan membersihkan bagian dasar subtrat akuarium aquascape dengan menggunakan alat khusus agar gravel tidak ikut tersedot . ini adalah peralatan yang sangat penting untuk akuarium aquascape, untuk membersihkan bagian dasar subtrat. Penggunaan alat ini hanya untuk penyedotan puing-puing seperti sisa tanaman mati dan kotoran ikan. Tentu saja penggunaannya dilakukan ketika kita sedang menggganti air akuarium agar kebersihan air akuarium tetap terjaga. Dan hal yang sangat penting untuk mengganti air secara teratur (minimal 30% per minggu dalam akuarium aquascape tanpa CO2), bukan hanya untuk tanaman penggantian air ini baik juga untuk ikan.

Ulasan diatas adalah beberapa peralatan yang biasa digunakan untuk perawatan akuarium aquascape. Semoga dengan adanya ulasan peralatan tersebut bisa memudahkan kita untuk melakukan perawatan akuarium aquascape. Karena dengan perawatan yang berkala bisa menghasilkan akuarium aquascape yang sehat terawat dan terlihat indah.

Jika ada hal yang mungkin ingin kamu bahas dari ulasan artikel ini, kamu bisa berkomentar untuk bisa bertukar fikiran !!!

0 komentar:

Posting Komentar