:::: MENU ::::

Kamis, 20 Juli 2023


Mainan Lego termasuk salah satu mainan yang menjadi favorit bagi banyak orang dan sangat bermanfaat bagi siapapun terutama buat anak-anak karena bisa membantu koordinasi mata dan tangan, motorik halus, kognitif, serta bisa meningkatkan kepekaan terhadap bentuk dan warna.

Lego adalah mainan bongkar pasang yang terbuat dari plastik berkualitas dan tersusun atas berbagai bentuk hingga warna.

Tidak heran kalau lego juga termasuk salah satu mainan edukatif terbaik buat anak-anak. Walaupun dikenal sebagai mainan anak-anak, tetapi lego juga bisa menjadi koleksi buat orang dewasa.

Apalagi lego juga tersedia berbagai karakter yang bisa menjadi koleksi dan juga bisa dimainkan oleh orang dewasa.

Berbeda dari seri lego anak-anak, umumnya lego orang dewasa punya tingkat kesulitan yang lebih tinggi dan ukuran potongan balok yang lebih kecil.

Mainan yang satu ini memang bisa menjadi hiburan yang menyenangkan. Tidak selalu sifatnya hanya sekedar mainan, siapapun bisa belajar banyak melalui mainan lego ini. Apalagi, mainan lego ini dapat melatih motorik, logika, dan kreativitas.

Mainan lego ini pun memiliki banyak jenis, dari mainan lego Duplo hingga mainan lego berdasarkan karakter animasi. Tidak hanya seru, mainan satu ini juga memberikan banyak manfaat positif untuk yang memainkannya.

Manfaat yang bisa di dapat dari bermain lego seperti berikut :

*) Meningkatkan Kemampuan Komunikasi (*

Komunikasi merupakan hal utama yang wajib dilakukan setiap orang sejak kecil. Tentunya, kita perlu melatih untuk berbicara dengan baik terutama anak-anak.

Salah satu manfaat mainan lego ternyata mampu membantu meningkatkan kemampuan berbicara, terutama anak-anak. Hal ini karena ada beberapa jenis lego yang dilengkapi karakter lucu.

Jadi, siapapun bisa bermain peran atau role play dengan membuat cerita sesuai imajinasinya, lalu melakukan story telling. Mereka akan berusaha berbicara untuk menyampaikan cerita tersebut.


*) Melatih Untuk Bersosialisasi (*

Setelah belajar komunikasi, siapapun akan jauh lebih berani untuk mulai berinteraksi atau bersosialisasi dengan orang lain terutama anak-anak.

Ajaklah anak bertemu dengan teman atau saudara seusianya untuk bermain Lego bersama. Selama proses menyusun balok, mereka akan berkoordinasi bersama.


*) Melatih Kreativitas (*

Mainan bongkar-pasang lego juga bisa melatih kreativitas. Dengan bermain membentuk dan membangun ulang sesuatu, akan jauh lebih kreatif dalam berkarya.

Jadi, semakin banyak tantangan baru yang didapat, kita juga akan lebih kreatif dalam mengembangkan ide untuk menyelesaikan sesuatu.

Sebagai rekomendasi mainan lego Classic yang terdiri atas balok sederhana tanpa adanya ketentuan untuk membentuk sesuatu yang pasti.


*) Meningkatkan Konsentrasi (*
Dalam menyusun potongan balok menjadi bentuk tertentu, seperti bangunan, tumbuhan, atau hewan, ternyata membutuhkan konsentrasi dan tingkat fokus yang tinggi.

Jika memiliki tingkat konsentrasi yang tinggi, mereka terutama anak-anak bisa tumbuh menjadi pribadi yang memiliki pendirian teguh dan tidak mudah terganggu oleh sekitarnya. Tentunya, hal ini berguna agar mampu mencapai tujuan hingga cita-cita yang mereka inginkan.

Sebagai rekomendasi kamu bisa memainkan lego kreator.


*) Meningkatkan Kemampuan Sensorik dan Motorik (*

Mainan lego juga bisa melatih sensorik dan motorik, apalagi untuk anak yang masih dalam tahap perkembangan jauh lebih sensitif terhadap segala sesuatu, baik itu sentuhan ataupun gerakan.

Kemampuan sensorik tersebut bisa kita ajarkan dengan pengenalan akan tekstur dan warna. Sedangkan kemampuan motorik, dapat diajarkan dengan cara menggenggam dan memindahkan barang.

Kamu bisa memberikan mainan lego duplo yang dikhususkan untuk anak berusia di bawah 3 tahun.


*) Sebagai Hiburan Yang Edukatif (*

Mainan lego tentunya dapat menjadi sarana hiburan terbaik bagi siapapun. Dengan mainan ini, kita ataupun anak-anak bisa bermain sambil belajar dengan cara yang seru, mulai dari pengenalan akan bentuk, warna, kendaraan, karakter film, pekerjaan, dan masih banyak lagi.

Itu dia beberapa manfaat lego dan rekomendasi beberapa jenis model lego yang bisa dimainkan.


Jika kamu ingin melihat rekomendasi mainan model lego lainnya, kamu bisa langsung lihat toko.

0 komentar:

Posting Komentar