:::: MENU ::::

Minggu, 10 Mei 2020

Buat kamu yang memiliki hobi travelling dan camping, objek wisata yang satu ini bisa kamu jadikan alternatif untuk menyalurkan hobi kamu. Objek wisata ini adalah salah satu objek yang lumayan populer di jawa barat dan, banyak yang sudah berkunjung ke objek wisata ini.

Objek wisata ini bernama Curug Cijalu yang Kawasan wisata Curug Cijalu ini secara administratif masuk ke wilayah Desa Cipancar, Kecamatan Serang Panjang, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Curug ini dapat dicapai dari Kota Subang sekitar 37 Km ke arah selatan, atau sekitar 63 Km dari kota Bandung ke arah utara. Sedangkan dari kota Purwakarta, curug ini sekitar 40 Km ke arah selatan.

Dari Jalan Raya Wanayasa – Jalan Cagak kamu akan menemukan gerbang Kawasan Wisata Cijalu di daerah Serang Panjang. Kemudian kamu harus menyusuri jalan desa sepanjang 3 Km. Suasana pedesaan khas tanah pasundan dan hamparan kebun teh akan menyambut kamu sebelum memasuki wana wisata curug Cijalu.

Curug Cijalu berada dalam kawasan cagar alam Gunung Burangrang termasuk KPH Bandung Utara. Kawasan wisata ini berada pada ketinggian 1300 meter di atas permukaan laut.

Curug Cijalu memiliki ketinggian sekitar 70 meter. Tumpahan airnya membuat air terjun yang mengalir deras membelah bukit di kawasan gunung Burangrang jatuh ke kolam yang berada di dasar curug. Kamu bisa bermain-main air di kolam tersebut. Namun, karena suhu airnya yang sangat dingin jika kamu tidak kuat jangan berlama-lama bermain air.

Kamu akan mendapatkan suasana yang asri dan indah, yang didukung dengan berbagai fasilitas yang cukup memadai, salah satunya adalah camping ground. Dengan suasana alamnya yang masih bersih, rimbunannya pepohonan yang menutupi sebagian daerah curug, serta kicauan burung yang bernyanyi tiada henti, membuat kondisi panorama alam di tempat ini benar-benar alami dan menyegarkan.

Curug Cijalu menyajikan suasana yang sejuk, tenang dengan pemandangan yang sangat indah. Bahkan sebelum memasuki gerbang objek wisata curug Cijalu, kamu akan disuguhkan dengan hamparan hijau kebun teh di kiri kanan jalan. Jika cuaca cerah, di kejauhan tampak waduk Jatiluhur, kota Subang dan Purwakarta dari ketinggian. Setelah memasuki gerbang wana wisata curug Cijalu, perjalanan menuju curug dilanjutkan dengan berjalan kaki. Jarak dari area parkir sampai ke curug kurang lebih 300 meter. Kira-kira 100 meter sebelum mencapai curug Cijalu terdapat curug yang lebih kecil namun sangat eksotis yang disebut curug Perempuan, sebagian warga setempat menyebutnya curug Cibuntu.

Terdapat juga warung makan dan minum yang bisa kamu temui di area wisata ini dengan berbagai variasi kuliner khas Jawa Barat, dan fasilitas yang tersedia adalah loket karcis, pos jaga, tempat parkir, shelter, tempat sampah, jalan setapak, tempat duduk, mushola dan instalasi air. Juga terdapat pula lapangan sebagai areal untuk camping bagi para pengunjung.

Jika kamu belum puas menikmati keindahan kawasan objek wisata curug cijalu ini di siang hari, kamu juga bisa menikmati suasana malam dengan camping di kawasan tersebut. Nikmati sensasi menginap ditengah hutan di kawasan Air Terjun Curug Cijalu, ditemani gemuruh suara aliran air curug yang menghantam bebatuan.



Salah satu hal yang terpenting sebelum kamu melakukan camping di objek wisata curug cijalu ini adalah niat dan persiapan yang matang sebelum kamu berangkat dan melakukan camping di objek wisata ini. Karena untuk antisipasi hal-hal yang tidak di inginkan saat kamu melakukan aktivitas camping di curug cijalu ini.
Loading...

0 komentar:

Posting Komentar